Like Us on FB

Saturday 21 February 2015

(TIPS BERMEDIA SOSIAL)jenis-jenis media sosial ..


Sehat Bermedia Sosial



Media Sosial

        Media Sosial adalah sebuah media online yang biasa digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk berkomunikasi. Media Sosial juga bisa di artikan dengan sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun berdasarkan ideologi dan teknologi Web 2.0, yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated contentTampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna. Pada dasarnya Media Sosial yang ada untuk  menggunakannya selalu menggunakan akses internet. Dengan media sosial ini para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi. Contoh media sosial yang sering kita jumpai yaitu blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Pembagian jenis media sosial menurut Kaplan dan Haenlein :
  • Pertama, Proyek Kolaborasi yaitu website yang mengijinkan user dapat mengubah, menambah, ataupun remove konten yang ada di website. Contoh media ini adalah wikipedia.
  • Kedua, Blog dan Microblog, dimana user lebih bebas  mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti ‘curhat’ ataupun mengritik kebijakan pemerintah. Contoh media ini adalah  twitter.
  • Ketiga, Konten, yaitu web dimana para user dari pengguna website ini saling share konten media, baik  video, e-book, gambar, dan lain-lain. Contohnya youtube.
  • Keempat, Situs Jejaring Sosial, yaitu aplikasi yang mengijinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi, sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto-foto. Contoh jejaring sosial adalah facebook.
  • Kelima, Virtual Game World, yaitu dunia virtual, yang  mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar-avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contohnya game online.
  • Keenam, Virtual Social World, yaitu dunia virtual dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas dan lebih ke arah kehidupan. Contohnya second life.
Varian  media sosial demikian beragam, sehingga masyarakat dapat mengakses dengan mudah dan memanfaatkannya untuk  interaksi sosial.  Demikian mudah  interaksi sosial dijalin melalui media sosial, maka komunikasi  dua arah ini bisa menjadi bersifat privat maupun terbuka. Pada ruang komunikasi yang bersifat terbuka, sering tidak disadari bahwa ada norma-norma yang mengikat interaksi tersebut.

No comments:

Post a Comment